MENJUAL SOFTWARE GRATISAN DARI INTERNET


Saat ini, komputer seakan-akan menjadi kebutuhan primer bagi kehidupan manusia. Semua itu dikarenakan semua pekerjaan hampir bisa diselesaikan dengan simple dan praktis, cepat lagi, dengan mengakses komputer. Mulai dari sekolah, usaha, pengetikan, dan sebagainya. Yang penting komputer sudah hampir menjadi kebutuhan hidup manusia. Meskipun ada orang yang tidak mempunyai barang ini, saya yakin dia tidak gaptek dengan komputer. Bahkan orang yang tidak memiliki komputer pun kadang lebih pintar daripada yang memiliki komputer. Aneh memang.
Saat ini, Indonesia menjadi negara pengkonsumsi komputer dan gadget yang cukup besar angka pertumbuhannya. Coba googling tentang realita tersebut. Faktornya entah karena apa. Kalau memang karena kebutuhan, bukan keinginan, maka itu silakan saja. Tetapi kadang penduduk Indonesia rata-rata mengkonsumsi suatu produk itu karena faktor 'keinginan' bukan 'kebutuhan'. Sekedar untuk style, modis, having fun, dan yang sebagainya. Yaah... terlepas dari permasalahan di atas, di sini saya akan membincangkan sesuatu yang barangkali menjadi ide usaha baru. Software. Ya, software. Perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari komputer.
Komputer tanpa software ? Mungkin kalau tidak berlebihan akan saya katakan 'punya gak punya sama saja !'. Software menjadi elemen wajib bagi komputer. Hanyasanya kebanyakan memiliki harga yang tidak rendah. Sangat sedikit yang gratis. Kecuali bagi yang menggunakan sistem operasi Linux yang memang didistribusikan secara gratis untuk khalayak umum. Bagi yang menggunakan sistem operasi Windows, bakalan sekarat kalau semua software harus didapatkan dengan cara membeli. Bisa jadi sebuah komputer sama harganya dengan harga motor. Namun sekarang, dengan adanya internet, software-software komputer sering dishare secara gratis. Tinggal diunduh. Tinggal ketik asal ada kata 'free'-nya insya Allah langsung ketemu link untuk mengunduhnya. Persoalannya, mungkin terasa repot harus mengunduh software-software tersebut satu persatu. Apalagi mengunduhnya di warnet. Uang bisa jadi 'agak' habis karena panjangnya waktu untuk mengunduh software yang kita butuhkan. Di sinilah tercipta peluang untuk mendirikan usaha penjualan sofware.
Saya pernah berpikir ingin mendirikan usaha ini. Hanya karena keterbatasan biaya dan mungkin karena kesibukan saya sendiri sehingga saya belum memulainya. Saya pikir ini cukup menjadi kesempatan melihat penduduk Indonesia yang kian hari bertambah konsumen komputer dan gadget. Saya berencana mengemasnya dalam sebuah DVD yang memuat file cukup banyak. Bisa jadi 1 keping itu sudah mencakup software standart yang harus diinstall di sebuah komputer. Bagi yang ingin membeli softwarenya dengan flashdisk yang mungkin lebih simple, tinggal dilayani dengan dicopykan secara gratis. Hitung-hitung sih agak untung. Mungkin modal keping DVD kosong dan file, pengemasan DVD, dan pemburningan sekaligus pengcopyan. Coba kita pasang harga Rp 20.000,-/keping. Cukup menguntungkan bagi masing-masing pihak antara penjual dan pembeli. Persepsi saya, pembeli harusnya berpikir, cukup hanya mengeluarkan uang dua puluh ribuan bisa mendapatkan software-software yang dibutuhkan daripada mengunduhnya di warnet yang itu sudah tentu menyita waktu dan uangnya untuk mendapatkannya. Yang jelas, akan tetap ada konsumennya. Saya yakin tetap akan ada.
Saya sendiri sudah memiliki kumpulan software-software sebesar 14 GB. Hanya saya masih takut, karena ini bisa saja dikategorikan pembajakan software. Meskipun ada situs-situs yang terang-terangan menyediakan link untuk mendownloadnya.

No comments:

Post a Comment

We wish your suggestions, recommendations, news, constructionally critycs, sharing or your wonderful ideas !!! Fill here what you feel